Pulau Gili Genting Sumenep

pulau kecamatan gili genting sumenep
Pulau Gili Genting, adalah Pulau yang terlentak di timur laut dari Kota Sumenep. Puda mulanya, Gili Genting termasuk wilayah Kecamatan Bluto. Pada tanggal 7 april1982, kemudian disahkan menjadi sebuah Kecamatan Sesuai Peraturan pemerintah No 7/1982 pasal 8 tentang pembentukan Kecamatan Gili Genting. Sumber penghasilan Masyarakat Gili Genting yaitu, menjadi Nelayan, bercocok tanam jagung, kacang, beternak dan lain-lainnya. Namun belakangan ini, banyak orang-orang Gili Genting yang merantau ke Jakarta serta ke daerah lainnya.

Disana juga terdapat Pulau Gili Raja, yang merupakan bagian dari Pulau Gili Genting. Walaupun satu kecamatan, nama pulau ini berbeda. Dan masing-masing mempunyai Desa. Gili Genting terdiri dari Desa Aeng Anyar, Galis, Bringsang, Gedugan. Sementara di Pulau Gili Raja terdapat Desa Lombang, Jate, Bhanbaru dan Bhanmaleng.

Dilihat dari rumah-rumah Penduduknya, Pulau Gili Genting sedikit demi sedikit mengalami kemajuan, semenjak Masyarakatnya banyak yang merantau untuk mencari penghasilan. Tak heran kalau kita kesana, banyak rumah penduduk yang bentuknya seperti rumah-rumah Perkotaan. Dipulau Gili Genting terdapat dua pelabuhan, sebagai jalur transportasi. Pelabuhan di Desa Aeng Anyar, dan Pelabuhan di Desa Bringsang.


EmoticonEmoticon