Pantai Sembilan Di Pulau Gili Genting

Pantai Sembilan Di Pulau Gili Genting
Tempat wisata baru terus bermunculan dari masa kemasa. Mulai dari wisata Religi, Liburan, kuliner, dan sebagainya. Salah satunya Pantai sembilan yang terdapat di pulau gili genting, yang baru ditemukan di Kabupaten Sumenep. Kota yang disebut The Soul of Madura, telah memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Pantai 9 termasuk salah satu pantai yang baru ditemukan, kini mulai menjadi objek para wisatawan. Sebagai warga Sumenep, tentunya merasa bangga bisa memiliki tempat wisata yang menjadi perhatian banyak orang.

PANTAI SEMBILAN 
Pantai Sembilan terdapat di Desa Bringsang Kecamatan Gili Genting, sebuah pulau di Kabupaten Sumenep. Walaupun tidak pernah kesana sejak ramai diperbincangkan. Sedikit banyak saya sudah tahu tentang kondisi alam dan sosial budaya disana. Dan sudah berkali-kali bepergian ke Pulau Gili Genting dalam rangka tugas, liburan, dan bersilaturrahim ke rumah paman.
Pantai Sembilan Di Pulau Gili Genting

Pantai Sembilan

Keindahan pantai 9 dapat dilihat banyaknya terumbu karang, dan tanah pasirnya yang putih serta suasan alam sekitar yang enak di pandang. Sejarahnya, Pantai Sembilan dulunya adalah pelabuhan kecil. Namun sekarang menjadi tempat objek wisatawan. Salah satu yang menjadi perhatian pantai sembilan, tidak jauh dari pantai ini terdapat Pantai Ro'om dan Pantai Miring. Hal ini menjadi kesempatan bagi para Wisatawan untuk  memanfaatkan hari liburnya, dengan mengunjungi lebih dari satu pantai.

RUTE/AKSES JALAN
Rute atau Jalan menuju lokasi Pantai sembilan tidak jauh berbeda dengan mengunjungi Pulau/Kecamatan Gili Genting. Jadi untuk mengakses lokasi kesana sangat mudah serta dengan biaya yang murah. Untuk menuju ke Pulau Gili Genting dapat ditempuh dengan dua jalur. Yang pertama melalui Pelabuhan Tanjung Kecamatan Saronggi. Yang kedua melalui Pelabuhan Talabbung. Namun saya sarankan kalau mau berwisata ke Pantai sembilan, sebaiknya menyebrang dari Pelabuhan Tanjung yang langsung menuju Pelabuhan Bringsang.
rute jalan lokasi Pantai Sembilan Pulau Gili Genting

Perhatiakan, Pelabuhan Talang Saronggi sebagai pelabuhan menuju ke Gili Genting mempunyai dua jalur. Yakni ke Aeng Anyar dan ke Bringsang. Maka pilihlah yang menuju ke Bringsang jika tujuannya adalah ke Pantai Sembilan. Kalau memilih jalur yang menuju Aeng Anyar, maka jarak perjalan sedikit bertambah jauh. Bagaimana dengan transpotasi atau kendaraan? Di pulau gili Genting tidak ada transportasi mobil yang digunakan untuk taksi. Dan di Gilin Genting hampir tidak ada mobil, hanya beberapa saja yang bisa dihitung dengan jari.

Kalau membawa sepeda motor, anda dapat menitipkannya di Pelabuhan Tanjung. Disana sudah ada tempat penitipan sepeda. Namun bisa juga dibawa ke Gili Genting dengan Kapal Perahu. Biaya transportasinya hanya 10.000, jadi harga PP 20.000, kalau kendaraannya dibawa juga. Maka dikena biaya tambahan sebesar 10.000 (untuk kendaraan), sehingga menjadi 20.000. Itu baru berangkatnya lain pulangnya.

Dari Pelabuhan Bringsang (Sebelah barat lautnya terdapat Masjid), untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Sembilan, ikuti jalan yang ke kiri. Tidak jauh dari pelabuhan bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Catatan penting: jika tidak mau menginap (bermalam) di Pantai Sembilan atau di Pulau Gili Genting, jangan terlalu lama menikmati suasana disana. Sebab, dari jam dua/tiga siang sudah tidak ada kapal perahu yang berangkat menuju ke Pelabuhan Talang Saronggi.


EmoticonEmoticon