Manfaat google classroom sebagai metode mengajar

manfaat google classroom
Fitur fitur yang ada di google classroom (playstoor)
Google Classroom sebagai salah satu aplikasi yang berbasis pendidikan, tentunya sangat membantu jalannya proses belajar dan mengajar. Lebih-lebih jika anda sebagai guru. Google classroom sangat bermanfaat bagi pendidikan dalam menghadapi kemajuan teknologi dan informasi. Banyak metode mengajar yang diterapkan oleh para guru disekolah, namun setiap guru, tentunya tidak sama dalam menghadapi persoalan yang terjadi terhadap Siswa.

Manfaat dari adanya google classroom tentunya banayk sekali. Sebagai sarana memperlancar komunikasi antara siswa dengan guru atau dosen. Aplikasi ini juga berguna untuk siswa belajar, menyimak, membaca, mengirim tugas, dari jarak jauh.  Kita sebagai pelajar, smartphone kita jangan hanya diisi dengan game permainan dan media sosial. Usahakanlah Smartphon kita berguna terhadap proses belajar kita.


Adanya Google Classroom sebagai aplikasi Android khusus untuk dunia pendidikan sangat mendukung terhadap kegiatan belajar dan mengajar. Agar lebih praktis, hemat waktu. Dan membantu para guru menciptakan dan mengumpulkan tugas dari siswa. Aplikasi Google Classromm ini juga menciptakan folder drive untuk setiap tugas siswa. membantu dan menjaga semua dokumen secara terorganisir.

Namun kekurangan aplikasi berbasis pendidikan ini. Menuntut siswa harus punya laptop, tablet, smartphon, dan gadget yang mendukung terhadap fitur google classroom. Kalau anda tidak memilikinya, maka terpaksa harus pergi kewarnet. Sebagai seorang guru, sebaiknya pertimbangkan lebih matang untuk menerapkan metode  mengajar dengan google classroom. Karena tidak semua siswa memiliki laptop atau android dan lainnya.

Hal ini juga saya alami ketika pertama kali diperkenalkan dengan Google classroom. Banyak teman-teman Mahasiswa yang tidak punya sarana menggunakan aplikasi tersebut, sehingga temannya yang punya android atau laptop, menjadi sasaran empuk Mahasiswa lainnya untuk membuat akun google classroom. Akibatnya proses pembelajaran berjalan tidak lancar, kelas menjadi gaduh, dosenpun kebingungan mengatasi banyaknya Mahasiswa yang bertanya.



3 komentar

mantep juga ini buat E-Learning gan

Manteb nih semoga bisa nerapin... :D


EmoticonEmoticon