Pengertian Istilah Wallahu A'lam

wallahu a'lam
Wallahu A'lam, kalimat yang sering kita dengar dari Guru maupun Ulama Ketika mengaji, yang sering kita simak diahir ceramah, yang selalu kita temukan pada beberapa karya tulisan/ buku. Secara umum, tanpa dijelaskan, orang awam pun tahu. Kalau orang yang mengucapkan Wallahu A'lam berarti memasrahkan penuh. Bahwa kebenaran hanya milik Allah. Bahwa Allah lah yang lebih tahu tentang apa yang disampaikan.

Ada sebagian yang menyambung Kata Wallahu A'lam, dengan kata Bimurodih. Sehingga menjadi Wallahu A'lam Bimurodih. Ada yang menambah dengan kata Bisshowab menjadi Wallahu A'lam Bisshowab, yang berarti Allah lebih mengetahui yang sebenarnya.

Pengertian Wallahu A'lam ( اَعْلَمُ) merupakan kalimat dari bahasa Arab yang mempunyai arti: Dan Allah Swt yang lebih tahu/mengetahui. Beberapa contoh dalam ayat Al Quran:

 وَاِنْ جَادَلُوْكَ فَقُلِ اللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Dan jika mereka membantah engkau maka katakanlah, "Allah lebih tahu tentang apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hajj: Ayat 68)

 ؕ هُوَ اَعْلَمُ بِمَا تُفِيْضُوْنَ فِيْهِ ؕ كَفٰى بِهٖ شَهِيْدًاۢ بَيْنِيْ وَبَيْنَكُمْ ؕ وَهُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
"Dia (Allah Swt) lebih tahu apa yang kamu percakapkan tentang Al-Qur'an itu. Cukuplah Dia menjadi saksi antara aku dengan kamu. Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang." QS. Al-Ahqaf: Ayat 8

Kalimat ini (Wallahu A'lam) digunakan ketika tidak tahu akan makna sesuatu, masih ragu terhadap kebenarannya, atau takut apa yang disampaikan terdapat kesalahan yang tidak disadari. karena yang namanya manusia tak luput dari kesalahan. Ada juga yang secara langsung dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Misalnya, demikianlah apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Kebenaran datangnya dari Allah Swt, kesalahan murni dari pribadi. Dan masih banyak contoh lainnya.


EmoticonEmoticon