Cara membuat dan aktivasi Akun Google Classroom

cara membuat Google Classroom
Karena banyak teman-teman dikelas yang minta untuk dibuatkan akun google classroom ( aktivasi ). Jadi saya buat postingan, sekedar antisipasi kalau ada yang minta dibuatkan lagi. Susahnya kalau yang bersangkutan tidak mau membaca panduan dari Dosen. Tutorial video dari Dosen pun tidak ngefek. Padahal sudah jelas penjelasan mengenai cara membuat dan mengaktifkan akun google classroom. Selain itu, Siapa tahu juga bermanfaat bagi pembaca lainnya. Lalu bagaiamana cara membuat akun google classroom? Berikut panduannya:

Sebelum anda membuat akun di google classroom, silahkan persiapkan terlebih dahulu Email sesuai nama atau keinginan anda. Misalkan seperti classrom dikampus saya @stit-au.ac.id contohnya: siswanyasar@stit-au.ac.id kemudian mintalah atau berikan kepada administrator (guru/dosen) suapaya didaftarkan. Sebab kalau belum terdaftar, ketika sig in ke mbah google akan keluar peringatan: sory bro! kami tidak mengenal emailmu

Kalau email sudah di daftarkan oleh guru, anda akan mendapatkan email dan pasword standar ( Pasword sementara). maka selanjutnya tinggal aktivasi dengan melakukan cara seperti dibawah ini:

1. Silahkan buka google, kemudian klik Masuk / Sig In.
google

2. Kemudian tambahkan akun, masukkan email dan pasword yang diberikan guru  *Email bukan yang dari Gmail, tetapi email yang didaftarkan oleh guru atau dosen. Lihat contoh diatas.
cara masuk akun google

3. Setelah log in/masuk, maka akan ada peringatan pasword salah. Dan keluar chaptha. Silahkan masukkan tulisan yang ada di kode chaptha pada kolom yang tersedia. Kemudian klik Masuk/Sigin
Cara membuat dan aktivasi Akun Google Classroom

4. Kalau berhasil, maka anda akan mendapat sambutan hangat dari google. Selamat datang di akun baru anda. Selanjutnya pilih setuju, jangan ditolak. Disini anda sudah memiliki akun google classroom.
google classroom

5. Kemdian akan diminta untuk mengganti Pasword. Gantilah pasword yang diberikan oleh guru dengan Pasword anda. Terdapat dua kolom, pasword. Isi harus sama persis, tidak boleh berbeda
cara ubah sandi

6. Sesudah berhasil membuat pasword baru, silahkan mulai menggunakan google classroom, nanti terdapat pilihan:  Siswa Guru. Pilihlah sesuai status anda. Kalau mahasiswa silahkan pilih siswa, kalau dosen silahkan pilih guru.
gambar siswa dan guru

7. Langkah selanjutnya, klik tanda + di pojok untuk bergabung kedalam kelas. Silahkan masukkan kode kelas yang diberikan oleh guru. Setelah tergabung di google classroom sesuai kelas, anda akan menemukan teman-teman sekelas disana.
Cara membuat dan aktivasi Akun Google Classroom
Cara membuat dan aktivasi Akun Google Classroom

Sampai disini, akun anda sudah bisa digunakan. Anda dapat melihat, membaca, mengirim tugas, dan sebagainya.


EmoticonEmoticon