Sejarah dan Asal Usul Penamaan Kecamatan Batang-Batang


TENTANG KECAMATAN BATANG-BATANG

Batang-batang adalah salah satu kecamatan tempat saya dilahirkan. Hehe.. Daerah bagian timur daya dari Kota Sumenep. Dengan Kode Wilayah : 35.29.16. Terdiri dari enam belas Desa. Salah satu kecamatan yang terkenal dengan Pantai Lombang dan Manusia Pasir. Selain itu, kec. Batang batang juga termasuk salah satu penghasil kelapa dan siwalan terbanyak di Kabupaten Sumenep. 
batang-batang sumenepbatang batang via google maps


SEJARAH DAN ASAL USUL NAMA
Mendengar nama Batang-batang, mungkin kita akan beranggapan bahwa nama itu diambil dari ranting atau cabang pohon. Dulu waktu masih kecil, ketika masih tinggal di kecamatan ini. Saya ingat bagaiamana orang orang pedasaan menyebutnya TANG BHETANG (Bahasa Madura), kalau di Bahasa Indonesiakan mungkin menjadi Tang Batang. Ndak tahu bagaiamana nama Tang Batang kok bisa menjadi Batang-batang. Mengenai nama Tang Bhatang diambil dari kata Bhabhatang (dibaca:bebetang/bangkai)


Lha, kok nama batang-batang  diambil dari Bangkai. Ya, memang begitu. Kita tahu bahwa kata bangkai digunakan untuk mahluk hidup yang sudah meninggal. Bermula ketika Joko Tole menempuh perjalanan dari salah satu Desa menuju Kraton Sumenep. Namun dalam perjalanan sang pendekar (Joko Tole) mengalami gangguan, gangguan yang menyebabkan Ia harus di tandu oleh Prajuritnya. Gangguan itu bernama Penyakit yang menyebabkan J.T tidak bisa berjalan kaki.
jalan menuju batang batang
Rute dari Sumenep ke Kec. Batang-Batang


Dalam perjalanan, JT berwasiat kepada Prajurit/Abdi Dalem. Jika beliau wafat ditengah perjalanan, jenazahnya supaya dipikul sampai ke Kraton Sumenep. Namun, apabila sebelum sampai ke Kraton Sumenep alat pemikulnya patah (pikulan), beliau berpesan agar jenazahnya dikebumikan di tempat itu juga.

Namun takdir tidak dapat di rubah, Joko Tole benar benar menghembuskan nafas terahirnya dalam perjalanan, sebelum sampai di Kraton Sumenep. Beliau meninggal di tempat yang sekarang dikenal dengan Batang-batang. asal dari kata bhabhatang (bangkai). Mungkin untuk memperhalus penyebutan kata tersebut. Supaya orang yang tidak bisa berbahasa Madura mudah menyebutkannya, maka menjadi Batang - Batang. 



EmoticonEmoticon