8 Keutamaan Adzan berdasarkan hadits Nabi

Adzan, suara yang sering kita dengar di waktu pagi, siang hari, sore, petang, dan dimalam hari. Bahkan adzan bukan hanya kita dengar ketika panggilan shalat. Ketika bayi lahir, ayah yang baik mengumandangkan adzan ditelinganya. Adzan juga di kumandangkan ketika kita mengubur Janazah.  Bukan hal yang sia-sia jika seseorang menjadi muaddzin. Karena semua itu mempunyai keutamaan sebagaimana ibadah-ibadah lainnya mempunyai keutamaan. Berikut 8 (Delapan) keutamaan Adzan menurut hadits Nabi Muhammad Saw:
keutamaan adzan

1. Adzan dapat mengusir setan. Abu Hurairah menceritakan bahwa Rasulullah bersabda: “apabila diserukan Adzan untuk solat, syaitan pergi berlalu dalam keadaan buang angin. hingga tidak mendengar Adzan. Bila mu’adzin selesai mengumandangkan adzan, ia datang hingga ketika diserukan iqomat ia berlalu lagi.” (H. R. Bukhori, Muslim)

2. Memiliki pahala yang sangat besar. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. Bersabda: “ seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala yang didapatkan dalam Adzan dan Shaf pertama, kemudian mereka tidak dapat memperolehnya kecuali dengan undian, niscaya mereka rela berundi utuk mendapatkannya.” (H. R. Bukhori dan Muslim)

3. Yang mendengar Adzan baik maklhuk atau benda akan menjadi saksi bagi Mu’adzin. Dijelaskan dalam hadits Nabi: “ tidaklah suara Adzan didengar oleh pohon, lumpur, batu, jin dan manusia, kecuali mereka akan bersaksi untuknya .” (H. R. Ibnu Khuzaimah) Dalam hadits bukhori dijelaskan: “ tidaklah jin dan manusia serta tidak ada sesuatu pun yang mendengar suara lantunan adzan dari seorang muadzin, melainkan akan menjadikan saksi kebaikan bagi Muadzin pada hari kiamat nanti.” (H. R. Bukhori)

4. Orang yang mengumandangkan Adzan akan dimintakan Ampun atas dosanya. Ibnu Umar berkata: Rasulullah bersabda: “diampuni bagi mua’adzin di akhir adzannya, dan setiap yang basah dan yang kering yang mendengar Adzannya akan memintakan ampun untuknya.” (HR. Ahmad) Kemudian diriwayatkan dari sahabat lain pula: Rasulullah SAW mendoakan para imam dan mu’adzin: “ ya Allah, berikan kelurusan bagi para Imam dan ampunilah para Muadzin .” (HR. Abu Dawud)

5. Pahala Bagi Mu’adzin Seperti pahala orang yang shalat: “ Mu’adzin mendapatkan pahala seperti pahala orang yang solat bersamanya.” (H. R. An Nasa’i) Maksudnya adalah, ketika Muadzin mengumandangkan Adzan dan banyak orang yang berdatangan ke Masjid karena panggilan Adzan itu, maka Muadzin mendapatkan keutamaan pahala orang-orang yang datang untuk solat bersamanya.

6. Leher Mu’adzin akan dipanjangkan dihari Kiamat Seperti yang dijelaskan dalam Hadits Nabi “ para Muadzin adalah orang yang lehernya panjang pada hari kiamat.” (H. R. Muslim)

7. Muadzin akan dibanggakan Allah dihadapan malaikat Seperti yang dijelaskan dalam Hadits: “ Tuhanmu takjub kepada seorang pengembala domba di puncak bukit gunung, dia mengumandangkan adzan untuk solat, lalu dia solat. Maka Allah SWT berfirman: “lihatlah hambaku ini, dia mengumandangkan adzan dan iqomat untuk solat, dia takut kepadaku, aku telah mengampuni hambaku dan memasukkannya kedalam surga.” (H. R. Abu Dawud dan An Nasa’i)

8. Para Mu’adzin akan dimasukkan oleh Allah kedalam surga Disamping berdasarkan hadits: Dari Abu Hurairah berkata.: “kami pernah bersama Rasulullah SAW, lalu Bilal berdiri mengumandangkan Adzan, lalu ketika selesai, Rasulullah SAW bersabda ‘barangsiapa mengucapkan seperti ini dengan yakin, niscaya dia masuk surga.

Demikian 8 keutamaan Adzan. Semoga bermanfaat dan semakin menambah keimanan kita. Amin..


EmoticonEmoticon