3 Cara menghilangkan tanggal postingan blog

Dalam membuat suatu postingan atau artikel. tentunya tanggal dan waktu akan dengan sendirinya muncul mengikuti kapan waktu postingan tersebut di publikasikan. tujuan menghilangkan tanggal pada postingan  agar artikel yang kita buat tidak terlihat sebagao postingan lama. dulu pada awal-awal saya ngeblog, saya bingung  menghilangkan tanggal postingan karena meskipun sudah menerapkan cara yang diposting teman-teman blogger, masih saja tanggal tetap tidak hilang.

saran dari admin, kalau blog sifatnya artikel musiman sebaiknya jangan hilangkan tanggal update postingan. misalkan blog berita yang sifatnya hanya sementara. kalau blog bukan musiman, misalkan tentang tutorial.artikel informasi (bukan berita) seperti wikipedia. maka menghilangkan tanggal postingan di blog sangat bagus. agar artikel yang kita buat tidak basi dimata pengunjung. 

1. CARA MENGHILANGKAN TANGGAL POSTINGAN DENGAN LAYOUT/TATAK LETAK
cara ini merupakan cara yang sangat gampang dilakukan. anda tinggal masuk ke dashbor blog.masuk ke tata letgak. kemudian edit pada kolom postingan blog. dan hilangkan centang pada tanggal dan jam. pada saat anda sudah melakukan cara ini, semua postingan tidak langsung hilang tanggalnya. anda harus membuat artikel baru atau mengedit yang sudah di post. cara inipun belum tentu menjamin tanggal bisa hilang, sebab template yang digunakan dasar-dasarnya mempunyai perbedaan. namun pada umumnya cara ini banyak yang berhasil.

2. HILANGKAN TANGGAL POSTINGAN DENGAN EDIT TEMPLATE
langkah yang kedua yaitu dengan cara mengedit template melalui HTML. dan cara inipun bermacam-macam. ada yang menambah kode script, ada yang menghapus kode-kode. Silahkan Cari kode: h2.date-header { gunakan control+F untuk mempermudah pencarian. Jika sudah ketemu tambahkan kodeini: visibility: hidden; kemduain simpan.

3. MENGHAPUS SCRIPT TANGGAL PADA TEMPLATE
cara ini merupakan cara yang berhasil ketika saya dulu beberapa kali gagal menghilangkan tanggal postingan.setelah saya cari kodenya sana sini dari berbagai referensi blog lain namun tetap saja gagal. ahirnya saya coba otak atik sendiri, dan ahirnya berhasil juga. berikut caranya

silahkan cari kode atau kata kunci : 'published updated' pada template blog

kemudian hapus seluruh kode yang terkait dengan publised update. contohnya:

<meta expr:content='data:post.canonicalUrl' itemprop='url'/> <i class='fa fa-calendar-o'/> <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>

silahkan hapus kode tersebut. kalau tidak ada di template anda, silahkan cari yang mirip-mirip karena tiap template berbeda-beda. dan biasanya kode semacam itu lebih dari satu, rata-rata berjumlah tiga. insyaallah dengan cara yang satu ini berhasil

NB: TIDAK BERHASIL MENGHILANGKAN TANGGAL POSTINGAN? kalau masih saja tetap tidak berhasil dalam menghilangkan tanggal postingan, silahkan segera ganti template anda dengan template yang lain. berarti template blog yang digunakan memang bandel. seperti yang terjadi pada blog saya yang lain. sekian.

10 komentar

Bang mau tanya. gimana ya cara membuat agar tampilan halaman/template seperti pada di wordpress seperti pada gambar di link ini https://gatewaydemo.wordpress.com/ kalo bisa saya minta bantuan nya via Chat via Gmail aja :D .

Itu dari templatenya om. Itu husus wordpress. Kalau blogspot ada template seperti itu. Silahkan liat2 di goyabitemplate

Bang Mumpung saya lagi belajar membuat Aplikasi basis Android , mau apa ndak kalau Blog Abang ini saya buatkan Aplikasinya Versi Apk . :D kalo mau ntar File Apk nya saya kirim ke Gmail abang.

Termksih. Sudah saya download td d grup.. bagus apk.nya.. saya blum nyoba membuat apk dlm bentuk apapun.

Baca serius² e yang trakhir bikinketawa, like gan http://musnanblog.blogspot.com

mantap gan info yang no 3 nya, ketemu di html saya, udah di hapus cuma belum di test.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Nyari info seperti ini dari kemarin kebanyakan yang di bahas hanya h2.data-header saja, dan kode ini tidak di ketemukan di template saya. beruntung ada mas Aden Zaied Alfarobi, dengan pencerahannya di no 3, ketemu juga kode nya. Mantap mas infonya, thanks.

sama sama, terimaksih sudah berkunjung

Terima kasih
www.explain-clearly.com


EmoticonEmoticon