Sekilas Tentang Ukm Asyfika

Unit kegiatan mahasiswa
Ini baru pertama kali kami mengurus Asyfika. Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Asyfika sempat dibekukan oleh pihak kampus. Namun, berkat doa dan perjuangan teman-teman serta pihak yang terkait, Wadah kegiatan Mahasiswa ini kembali berjalan atas rekomendasi dari Kampus pada acara pelantikan UKM Stita 05 oktober 2015. Terdiri dari LPM (Lembaga pers mahasiswa), Komunitas Pelar, Pramuka, dan Asyfika.

Asyfika sendiri merupakan salah satu UKM yang bergerak dibidang keagamaan. Sebagai unit kegiatan di Kampus Stita Sumenep, Asyfika mengedepankan nilai-nilai keagamaan sesuai pemahaman Ahlussunnah Waljamaah. Walaupun kegiatan ini fokus pada keagamaan, UKM Asyfika tetap terbuka membahas hal-hal yang bersifat umum, namun dalam kajiannya tetap memperhatikan sisi keagamaan.


Unit kegiatan Mahasiswa asyfika (ukm asyfika) merupakan organisasi intra kmpus yang berada di dalam naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang sudah mempunyai legitimasi badan hukum yang jelas. Asyfika organisasi yang konsen dalam hal kajian ke agamaan, yang kemudian memberikan arahan serta bimbingan terhadap mahasiswa (kader), untuk membentengi diri mahasiswa dari serangan serangan yang mungkin menggoyahkan gairah gairah untuk belajar keagamaan. Kemudian dri pada itu salah satu peran ukm asyfika adalah sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplor potensi yang ada dalam diri mahasiswa itu sendiri. 

Banyak Mahasiswa yang mempunyai bakat dan potensi, namun terkadang malu untuk mengembangkan bakatnya untuk menjadi suatu keahlian. Maka dari itu, UKM Asyfika memberikan ruang seluas-luasnya bagi Mahasiswa untuk menyalurkan bakat yang dimiliknya. 


Pada masa kami menjabat sebagai pengurus UKM Asyfika (Periode 2015-2016), dalam kepengurusan dibagi beberapa seksi yang terdiri dari:

- Seksi Keagamaan. Adalah bagian yang membahas tentang persoalan keagamaan yang terjadi di Masyarakat.
- Seksi Opini Publik / Marketing. Mengurus segala yang berkaitan dengan Publikasi. Seperti menerbitkan artikel, puisi, cerpen dan sebagainya.
- Gender. Fokus membahas tentang gender.
- Seksi Bidang Sosial. Dan masih banyak seksi seksi lain yang kami perlu adakan sebagai sarana untuk suksesnya UKM Asyfika.

Selama mengurus Asyfika, beberapa kegiatan telah kami jalankan. Raker, touring / traveling, kajian, dan lain sebagainya. Dan ada beberapa kegiatan yang masih dalam perencenaan. Semua kami lakukan, sebagai usaha agar insiden UKM Asyfika tidak terulang kembali.

Itulah sekilas tentang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Asyfika selama kami menjabata sebagai pengurus.


EmoticonEmoticon