PTK Penelitian Tindakan Kelas


pengertian definisi tindakan penelitian kelas
PTK merupakan salah satu mata pelajaran yang diterapkan di Perguruan tinggi. Hususnya yang menempuh jalur pendidikan. Sebagai calon pengajar atau Guru, Materi PTK sangat penting untuk dipelajari. Sebagai modal nantinya ketika menjadi Guru. Hal pertama yang harus kita pahami adalah pengertian PTK / Penelitian tindakan kelas sebelum mengetahui lebih lanjut dan memahami lebih mendalam. Kenapa mesti demikian? Agar tidak bingung nantinya memahami pelajaran tersebut. Sama seperti saya waktu pertama kali mengikuti mata kuliah ini. Saya juga bingung, tiba tiba dosen masuk dan langsung menjelaskan menjelaskan tentang penelitian tindakan kelas.


Penelitian Tindakan Kelas disingkat menkadi PTK. pertama kali diperkenalkan oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin pada tahun 1946. Di Indonesia, Penelitina Tindakan Kelas/PTK baru dikenal pada akhir dekade 80-an. PTK ini dapat dilakukan didalam bidang pengembangan organisasi, manejemen, kesehatan atau kedokteran, pendidikan, dan sebagainya.

Di dalam bidang pendidikan, penelitian tindakan kelas mempunyai manfaat, dan dapat dilakukan pada skala makro ataupun mikro. Dalam skala mikro misalnya dilakukan di dalam kelas pada waktu berlangsungnya suatu kegiatan belajar-mengajar untuk suatu pokok bahasan tertentu pada suatu mata kuliah.


Dilihat dari kepanjangannya: Penelitian tindakan kelas. Kita dapat memahami bahwa PTK adalah ilmu yang mempelajari sesuatu yang yang terjadi didalam kelas, guna kemudian dianalisa oleh Guru sebagai bahan peningkatan kualitas belajar dan mengajar. Kalau dilihat secara prakteknya. PTK adalah tindakan Guru atau Pendidik menganalisa, mencermati, meperhatikan. Apa yang terjadi didalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung. ( ini hanya pendapat saya pribadi)

Dalam wikipedia dijelaskan: Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

Namun bukan hanya wikepedia yang menjelaskan pengertian tentang PTK. Masih banyak pendapat-pendapat tokoh mengenai arti PTK/Penelitian tindakan kelas.

Penelitian Tindakan Kelas berasal dari bahasa Inggris, yaitu Classrom Action Research, diartikan penelitian dengan tindakan yang dilakukan dikelas. 

Pengertian PTK menurut para tokoh

Menurut Lewin (Tahir 2012:77): PTK merupakan siasat guru dalam mengaplikasikan pembelajaran dengan berkaca pada pengalamnya sendiri atau dengan perbandingan dari guru lain.

Pengertian PTK menurut Suyadi,2012. Secara sistematis dibagi menjadi tiga kata yaitu penelitian, tindakan, dan kelas. Penelitian yaitu kegiatan mengamati suatu objek tertentu dengan menggunakan prosedur tertentu untuk menemukan data dengan tujuan meningkatkan mutu. Kemudian tindakan yaitu perlakuan yang dilakukan dengan sengaja dan terencana dengan tujuan tertentu. Dan kelas adalah tempat di mana sekelompok peserta didik menerima pelajaran dari guru yang sama


Russeffendi (1999), mendefinisikan. PTK adalah suatu tindakan terarah, terencana, cermat, dan penuh perhatian yang dilakukan oleh praktisi pendidikan (guru) terhadap permasalahan yang ada dalam kelas yang bertujuan untuk perbaikan pendidikan seperti metode mengajar, kurikulum, dan sebagainya.

Nelson Siregar mengatakan PTK adalah suatu upaya menjelaskan berbagai aspek dari hubungan antar ketergantungan materi-subjek, pemebelajaran, dan pengajar sehubungan dengan isu totalitas dan logika internal dari tugas sosial mengkonstruksi pengetahuan dari PBM.

Elliot Mendefinisikan PTK adalah kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya seluruh proses, telaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pengaruhnya menciptakan hubungan yang diperlukan anatara evaluasi diri dari perkembangan profesional.

Menurut Carr Dan Kemmis. PTK adalah suatu bentuk refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan (guru, siswa, atau kepala sekolah) dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran.

Harjodipuro  mengartikan PTK adalah suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan, dengan jalan mendorong para guru untuk memikirkan praktik tersebut agar mau untuk mengubahnya.

Dari pengertian PTK peneletian tindakan kelas diatas ( menurut pakar/tokoh) kita dapat menjabarkannya sesuai kemampuan kita masing-masing. 


EmoticonEmoticon