Manfaat PTK Penelitian Tindakan Kelas

manfaat penelitian tindakan kelas
Sebagaimana kita tahu bahwa Penelitian tindakan kelas (PTK). Mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Manfaat Penelitian tindakan kelas / PTK, dapat dirasakan setelah peneletian didalam kelas dilakukan. Kemudian memberikan solusi atas permasalah yang di dapatkan. Secara umum, manfaat penelitian tindakan kelas terbagi menjadi tiga, yaitu Manfaat bagi Guru, bagi siswa, dan manfaat bagi sekolah.

Pertama: Manfaat PTK bagi siswa atau Murid
Siswa didalam kelas, tidak pernah merasakan dengan adanya PTK. Sebab, yang menjalankan Penelitian didalam kelas adalah guru. Kalau berpikir pada masa lalu, ketika masih sekolah tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Saya, atau mungkin kita semua tidak sadar. Kalau kita sebagai objek penelitian guru. Siswa tidak akan sadar manfaat dari sebuah penelitian tindakan kelas. Namun, Manfaat PTK bagi siswa dapat diketahui oleh Guru. Karena yang menerapkan hasil dari penelitian adalah Guru. Siswa hanya merasa segala tindak tanduknya didalam kelas dinilai oleh guru.

Selain itu, dengan adanya Penelitian tindakan kelas (PTK). Kesalahan dan kekurangan dalam proses pembelajaran akan segera diatasi. Sehingga kekurangan maupun kesalahan tidak terulang kembali. Dengan adanya PTK, Siswa akan merasa lebih nyaman dalam mengikuti pelajaran dikelas.

Manfaat penelitian tindakan kelas/PTK bagi guru
Adapun manfaat PTK atau penelitian tindakan kelas bagi guru adalah, dengan adanya PTK, guru dapat meningkatkan kualitas kinerjanya, lebih profesional, dan lebih jeli menganalisa setiap kejadian didalam kelas. Dan Guru juga lebih cepat menemukan solusi dari setiap permasalahan yang terjadi. Karena sudah terbiasa dengan pemecahan suatu permasalah yang terjadi di kelas.

PTK juga dapat menimbulkan rasa percaya diri bagi guru, memperbaiki pembelajaran, menumbukan kerja sama kolaborasi, terwujudnya proses pembelajaran yang menarik.

Manfaat PTK bagi sekolah
Dengan adanya penelitian tindakan kelas di sekolah, serta guru yang memiliki kemampuan untuk terus melakukan perubahan serta perbaikan kinerja yang profesional. Maka, sistem pembelajaran disekolah itu akan terus membaik. Sehinga sekolah itu akan berkembang pesat. Sekolah dengan kualitas guru yang profesional, reputasi sekolah tersebut akan terus meningkat dan menjadi nilai ples bagi Masyarakat.


EmoticonEmoticon