Manfaat dan kegunaan Bersekolah

gambar sekolah sd smp sma
Sekolah tentu memiliki manfaat bagi kita. Walaupun sekolah tidak menjamin kita menjadi pintar. Sekolah merupakan tempat dimana kita benar-benar dipersiapkan agar siap terjun ke masyarakat nantinya. Sekolah juga dapat di jadikan media bersosialisasi dengan warga sekolah yang lain. Sekolah juga merupakan salah satu sarana membina putra-putri agar menjadi anak yang berguna bagi nusa, bangsa dan negara.

Adapun manfaat dan gunanya kita bersekolah sangat banyak sekali. Dan itu tergantung kita menyikapinya. Berikut beberapa manfaat bersekolah:

Bersekolah akan melatih kemandirian anak, karena di sekolah anak didorong untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan untuk memahami aturan. Hal-hal tersebut adalah proses awal untuk masuk ke dalam kehidupan yang sesungguhnya nantinya (Apa Istimewanya Sekolah Anak Usia Dini? 2009)

Dengan bersekolah, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan akademisnya. Oleh karena itu, dalam memilih sekolah hendaknya orang tua memperhatikan sistem pendidikan yang dipergunakan di sekolah tersebut (Sekolah Untuk Balita, 2007).

Kalau dibandingkan dengan orang yang pendidikan nya rendah, atau bahkan tidak bersekolah sama sekali , orang yang mempunyai pendidikan lebih tinggi biasanya kedudukannya lebih tinggi di dalam masyarakat. Sehingga ia disegani, dihormati dan disanjung. Serta dijadikan andalan oleh masyarakat dalam mengurus sesuatu.

Mendapat banyak teman, teman berperan penting dalam bersekolah. teman bisa dianggap pemacu, agar kita semangat dalam belajar. Tapi juga ada karena teman justru malas bersekolah. Maka, hati-hatilah dalam memilih teman. Akan mendapat kesenangan, bisa bermain bersama teman, dengan guru, saling berkomunikasi dan sebagainya. Yang lebih muliah yaitu akan mendapat ilmu, ilmu sangat identik dalam bersekolah, ilmu mempunyai semua yang menyangkut sekolah.

Sarana mencari pacar, ini kalau tujuan anda bukan berniat mencari ilmu. Kalau bersekolah hanha mencari pacar. Mending tidak usah bersekolah. Karena anda akan rugi sendiri. merasa bangga akan sekolahnya, seperti sekolah favorit. Sebenarnya ini bukan manfaat. Tapi lebih dekat kepada salah tujuan bersekolah.


EmoticonEmoticon