Luangkan waktu Anda untuk mendampingi anak belajar di rumah

belajar komputer
Sejenak saya merasa tertarik, ketika melihat postingan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud) melalui laman Fanspagenya: Luangkan waktu Anda untuk mendampingi anak belajar di rumah. Bimbing mereka agar selalu termotivasi untuk menggapai cita-citanya.

Inilah realita yang terjadi sekarang ini. Karena kesibukan, pekerjaan, kegiatan. Terkadang membuat orang tua lupa mendampingi anak. Lebih-lebih diperkotaan, dimana orang tua dengan super sibuknya sampai menitipkan anak kepada orang lain. Hampir delapan tahun saya tinggal perkotaan. Sejak dari awal tinggal di kota, selalu ada orang yang meminta untuk dicarikan guru privat.

Sebenarnya tidak salah orang tua mencari guru privat, bahkan itu perlu. Namun sebagai orang tua, usahakanlah untuk meluangkan waktunya mendampingi anak belajar. Paling tidak, pengawasan terhadap anak ketika punya waktu senggang. Anak itu lebih taat kepada orang tua, dari pada Guru privat.

Malam minggu. Merupakan malam liburan anak sekolahan, banyak pelajar SMP dan SMA dengan sok gaya menterengnya, berkeliaran malam sampai pagi, balapan liar, saling berantem antara genk. Kenapa mereka melakukan semua itu? Karena tidak ada pengawasan orang tua. Anak dibiarkan berkeliaran. Sampai-sampai ketika saya dalam perjalanan, hampir kecelakaan karena anak-anak pelajar yang ugal-ugalan itu.

Itulah pentingnya, mengapa anda perlu meluangkan waktu untuk mendampingi anak belajar dirumah. Supaya anak tidak mudah berkeliaran, dan anak selalu merasa terawasi. Sehingga ada kesempatan untuk membimbing anak, agar waktunya digunakan untuk belajar dari pada hanya berkeliaran tanpa tujuan


EmoticonEmoticon