Perjalanan Hidup Kalah Atau Menang
Perjalanan Hidup Kalah Atau Menang

Perjalanan Hidup Kalah Atau Menang

Perjalanan Hidup
Hidup kita lebih sering terisi kalah atau menang, bertahan atau menyerah. Hal-hal yg membuat kita lupa bahwa segala yang besar datang dari sesuatu yg kecil, sesuatu yang rumit berawal dari perkara yang terkadang di anggap remeh.

Awalnya kita terfikir perjalanan ini tentang selalu ada cara untuk keluar dari situasi sulit, tentang tidak ada persoalan yang tidak ada jalan keluarnya asal mau ditekuni. Tapi kita keliru. perjalanan ini bukan lebih dari sekedar soal kita dan apa yang kita inginkan.

Perjalanan ini adalah soal bagaimana pemilik semesta dan pemilik kehidupan ini selalu punya cara untuk membuat kita terkejut dan takjub serta ikut dari bagian kejutan kejutan kecil hidup ini. padahal, semua tentang hidup sudah ditakdirkan. tinggal ikhtiar dan usaha yang kita jalankan. hasilnya kita pasrahkan kepada pemberi ikhtiar itu.

Rasulullah saw.  menyampaikan dalamhaditsnya. “Jadilah kamu di dunia seperti orang asing atau orang yang sedang musafir” (HR Bukhari). ya, itulah perjalanan hidup ini. perjalanan menuju akhirat, kehidupan dimana orang-orang lagi tidak memikirkan soal kalah menang layaknya di dunia.

Alur kehidupan tak pernah berganti meski zaman telah merubah hari dan usang tergantikan pesatnya arus teknologi. Terus bergulir tak berhenti sejenak waktupun saat menggilas kehidupan yang tengah berjalan.  Merangkak, duduk, berjalan lalu berlari merupakan salah satu fase dalam setiap bentuk kehidupan. Tak ada satupun manusia yang bisa melompati fase tersebut.

Menangis atau tertawa,  baik atau buruk, menjerit atau bungkam hanyalah bagian kecil dari setiap sisi kehidupan. Semua pasti terbagi pada dua sisi, seperti yang telah Tuhan gariskan bahwa segala sesuatu di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan. Maha Besar Kuasa-Nya yang telah menciptakan segala sesuatunya secara sempurna dan berimbang. ( Baca : Kisah Hidup Ulama Tabi`in Ketika Di Goda Wanita Cantik )