Objek Wisata Pantai Tiga Warna Kota Malang

Pantai Tiga Warna Kota Malang
Pantai tiga warna. Ya, itulah nama pantai yang baru saya dengar. Sebuah pantai yang terletak di kota Malang Selatan. Desa Sendang biru, Kecamatan sitiarjo. Memang terasa aneh. Mungkin, sebelumnya  kita tidak pernah melihat atau mendengar air laut yang terdiri dari tiga warna. Yang sering kita dengar, ilmuan sedang membicarakan tentang air laut yang terdiri dari dua warna. Sebenarnya tak ada inisiatif untuk berwisata kesana. Hanya saja karena diajak oleh seorang teman untuk liburan kesana, liburan setelah mengikuti peliknya ujian semester di Kampus.

Pantai Tiga Warna adalah sebuah pantai terdiri dari tiga warna. tapi sayang, waktu saya liburan kesana bersama teman-teman Mahasiswa Unitomo tidak melihat macam-macam airnya itu. karena waktu liburan, sampai disana jam siang, seharusnya sore.

Wisata Pantai Tiga Warna ini berada di Wilayah Rehabilitasi Dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang dan berada dibawah Hutan Lindung Desa Tambakrejo, atau di Daerah Konservasi.

Sama halnya dengan pantai yang lain. Pantai tiga warna merupakan tempat wisata yang menjadi objek para wisatawan. Yang mebedakan adalah, pantai ini berada di Wilayah Rehabilitasi Dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang Serta Hutan Lindung Desa Tambakrejo. Pantai yang baru di buka pertengahan tahun 2014 itu di kelola oleh Bhakti Alam dari warga desa sekitar pantai. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang ketat, tak heran jika pantai tiga warna dikatakan sebagai salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Serta pantai bebas sampah.
Pantai Tiga Warna Kota Malang

Kami berangkat dari Surabaya  pada sabtu malam, menuju kota malang. Jarak yang tidak begitu dekat. Butuh konsentrasi penuh selama dalam perjalanan. Pastinya, kendala selalu ada. Mulai dari yang ringan sampai yang berat, hingga kecelakaanpun tak dapat kami hindari. Namun kami tetap melanjutkan perjalanan. Kebersamaan bersama sahabat tidak membuat kami pulang ke kandang. Justru kecelakaan yang terjadi membuat kami, hususnya saya sendiri. Mendapat pengalaman baru. pengalaman yang tak mudah dilupakan.

Setelah sampai di Kota Malang, Kami terus mencari rute yang menuju Pantai Tiga Warna. Dengan bantuan google maps. Sesekali juga bertanya pada orang-orang yang kami temui. Sekedar menanyakan lokasi pantai tiga warna. Tak kurang dan tak lebih. Ahirnya kami melewati rute yang ke arah pantai Goa China. Dengan petunjuk  jalan yang mengarah ke Pantai Telaga Sendang Biru. Kami memarkir kendaraan disana dengan perasaan yang penuh dengan tanda tanya. Karena tidak ada pantai yang terlihat.


Ternyata, untuk sampai ke pantai yang terdiri dari tiga warna ini. Kami harus berjalan kaki. Melewati perbukitan, hutan mangrove,  pantai gatra dan clungup. Dalam perjalanan menuju lokasi pantai tiga warna. Kami juga harus melewati beberapa pos. Seperti anak pramuka yang sedang penjelajahan.

Di pos pertama, kami melaporkan tentang reservasi yang dilakukan sebelumnya. Reservasi atau booking yang merupakan keharusan dilakukan, sebelum kami menentukan jadwal liburan. Di pos yang ke dua, barang-barang kami didata semua. Bukan untuk disita, atau untuk di tilep petugas. Melainkan, untuk menjaga kebersihan pantai. Setelah didata, barang-barang kami dikembalikan.

Dengan dikawal petugas penunjuk jalan, kami melanjutkan perjalanan menuju pantai Gatra yang melewati pantai clungup. Di pantai gatra, kami meletakkan barang-barang bawaan kami. Di pantai ini, justru teman-teman  menceburkan diri mandi di laut. Sementara tujuan kami adalah ke pantai tiga warna. Sambil menunggu teman-teman, saya mengabadikan moment-moment di pantai ini. Memotret pemandangan alamnya. Beberapa menit kemudian, petugas mengajak untuk melanjutkan perjalanan ke pantai tiga warna.


Kali ini kami menuju lokasi pantai tiga warna. Selama dalam perjalanan, kami berjumpa para wisatawan dari Indonesia dan wisatawan Asing. Kami, sesama wisatawan hanya saling pandang sejenak. Ada pula yang bertegur sapa. Jalan yang licin, terkadang membuat kami tertawa. Melihat diantara kami ada yang jatuh. Ketika tiba di lokasi, Petugas Pemandu langsung menawarkan senorkeling. Teman-teman langsung tertarik untuk menyewanya.
Pantai Tiga Warna Kota Malang
Saat barang-barang dicek panitia

Sejenak melihat pesona pantai tiga warna ini. Memang sangat indah melihat pemandangan sekitar. Walaupun pada saat itu kami tidak dapat melihat semua warna airnya. Hanya warna biru dan putih yang tampak. Karena kami tiba dilokasi pantai pada siang hari, seharusnya sore hari. Sedangkan jatah waktu yang diberikan petugas hanya dua jam. Jadi kami tidak punya kesempatan untuk melihat warna air yang ketiganya. Salah satu yang menghiasi keindahan pantai di malang ini, yakni adanya terumbu karang. Kami hanya di izinkan melihat terumbu karang selama memakai snorkeling. Yang tidak memakai, dilarang memasuki area terumbu karang. Karena bisa merusaknya. Pantai ini memang benar-benar dijaga akan kelestariannya.

Di Pantai tiga warna ini, kami banyak berfoto-foto. Mengabadikan sebagai kenangan bagi kami. Setelah jatah waktu  habis. Kami kembali ke pantai gatra, mengambil barang-barang yang diletakkan disana. Sekaligus kami saling berpamitan dengan petugas pemandu jalan.



2 komentar

serius keren banget gan :D
ane jadi pngn kesana :D
www.rafsablog.com


EmoticonEmoticon