Mengenal istilah Full day school


Mengenal istilah Full day school
Semakin meningkatnya sistem pendidikan. Semakin banyak pula sistem-sistem baru dalam dunia pendidikan. Salah satunya tentang Full day school. Kalau dilihat dari kalimatnya, kita mudah menebak bahwa kalimat itu berasal dari bahasa inggris.

Pengertian atau definisi full day school
Menurut etimologi, full day school berasal dari Bahasa Inggris. Terdiri dari kata full mengandung arti penuh, day artinya hari, School yang berarti sekolah. Maka full day school mengandung arti Sekolah sehari penuh.

Full day school jika dilihat dari segi etimologinya berarti sekolah atau kegiatan belajar yang dilakukan sehari penuh. Sedangkan menurut terminologi atau arti secara luas, Full day school mengandung arti system pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan system pengajaran yang intensif yakni dengan menambah jam pelajaran untuk pendalaman materi pelajaran serta pengembangan diri anak didik.

Dalam full day school, lembaga bebas mengatur jadwal pelajaran sendiri dengan tetap mengacu pada standar nasional serta alokasi waktu sebagai standar minimal.  Jadi yang terpenting dalam full day school adalah pengaturan jadwal mata pelajaran. Program ini banyak ditemukan pada sekolah tingkat dasar SD/MI swasta yang berstatus unggulan.


EmoticonEmoticon