Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan


Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan
Beberapa sahabat bertanya tanggapan saya tentang istilah Islam Nusantara. Pada saat yang sama Muhammadiyah mengusung istilah Islam Berkemajuan.
Ada dua catatan saya :

Pertama. Ada kaidah fiqh yang sangat terkenal : Maqoshidul lafdhi alaa niyyatil laafidh. Maksud ucapan tergantung niat orang yang mengucapkan. Jadi tanggapan terhadap istilah sebaiknya harus diawali dengan klarifikasi maksud istilah tersebut, sebelum memutuskan mau pro atau mau kontra.

Ada banyak istilah yang dimaknai berbeda oleh kelompok yang berbeda, sehingga kesimpulan yang diambil pun berbeda. Khilafah atau imamah versi sunni dan syiah berbeda, versi hti dengan versi jumhur sunni berbeda. Bid'ah menurut wahhabi dengan bid'ah menurut jumhur sunni maknanya berbeda sehingga kesimpulan yang berbeda.

Kedua. Islam Nusantara menurut saya adalah al muhafadhoh alal qodimis sholih (menjaga tradisi yang baik) sedangkan Islam berkemajuan adalah al akhdzu bil jadidil ashlah (mengambil hal baru jika ia terbukti lebih baik). Ini adalah kesinambungan antara masa lalu, masa kini dan masa depan. Belajar dari masa lalu untuk membangun masa depan.
waLlohu a'lam. (Ahmad Halimy)


EmoticonEmoticon