Prinsip Menggunakan Media Pembelajaran

Mennggunakan Media Pembelajaran, merupakan hal yang perlu di penuhi oelh seorang guru. Karena dalam pembelajaran, media merupakan tunjangan untuk lancarnya proses mengajar. Namun yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Media Pembelajaran adalah Prinsip dari Media Pembelajaran itu sendiri. Sebab, tanpa memperhatikan prinsipnya, bisa jadi seorang guru yang mengajar akan mengalami kendala ketika mengajar. prinsip-prinsip penggunaan Media Pembelajaran antara lain:

Prinsip Menggunakan Media Pembelajaran
Image: ilmu-pendidikan.net

Penggunaan media pengajaran hendaknya dipandang sebagai bagian integral dari suatu sistem pengajaran dan bukan hanya sebagai alat bantu yang berfungsi sebagai tambahan yang digunakan bila dianggap perlu dan hanya dimanfaatkan sewaktu-waktu. 

Media pengajaran hendaknya dipandang sebagai sumber belajar yang digunakan dalam usaha memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses belajar-mengajar. 

Penggunaan media pengajaran harus diorganisir secara sistematis bukan sembarang mengunakannya. Jika sekiranya suatu pokok bahasan memerlukan lebih dari macam media, maka guru dapat memanfaatkan multi media yang menguntungkan dan memperlancar proses belajar-mengajar dan juga dapat merangsang siswa dalam belajar.

Guru hendaknya benar-benar menguasai teknik-teknik dari suatu media pengajaran yang digunakan. Guru seharusnya memperhitungkan untung ruginya pemanfaatan suatu media pengajaran. 



EmoticonEmoticon