Penyebab Siswa Tidak Naik Kelas Di Sekolah


Dalam dunia pendidikan. Peningkatan kelas merupakan sebuah keniscayaan untuk mengetahui, sejauh mana siswa menguasai pelajaran. Setiap ahir tahun. guru, hususnya wali kelas. Selalu disibukkan dengan nilai raport siswa. Wali kelas akan menyeleksi, siswa siswi yang pantas naik kelas dan yang tidak pantas naik kelas.

Penyebab Siswa Tidak Naik Kelas Di Sekolah

Bagi yang naik kelas. Tentu alasannya karena nilai atau prestasi yang baik. Baik itu dari penguasaan materi, Tingkah laku, Tingkat kehadiran. Bagaimana dengan Siswa yang tidak naik kelas? Tentu juga punya alasan tersendiri. Berikut sebab sebab siswa tidak bisa naik kelas di sekolah:

Nilai Raport Tidak memenuhi KKM 
Setiap mata pelajaran mempunyai KKM yang kita kenal dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Maka dari itu, dalam mengikuti proses pembelajaran disekolah. Siswa harus mempunyai nilai batas minimal. Kalau nilainya tidak memenuhi KKM. Siswa tidak akan naik kelas. Biasanya Guru mata pelajaran sudah memberikan kesempatan bagi siswa siswi untuk mengkuti ujian ulang atau remidi. namun masih banyak siswa yang tidak mengindahkannya. Pantas kalau ia tidak naik kelas.

Sikap dan Ahklak
Tidak semua Murid yang tinggal di dalam kelas adalah anak-anak yang baik. Anak anak yang nakalpun juga ada. Selain dinilai dari hasil ujian, Siswa juga di nilak dari Sikapnya. Maka tak heran kalau didalam raport ada kolom husus keperibadian siswa. Adakalanya seorang siswa membuat jengkel guru. Sehingga siswa tersebut tidak naik kelas

Prosentase kehadiran
Presentase tingkat kehadiran adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh Siswa disekolah. Sebaik apapun nilai mata pelajaran Siswa, namun tingkat kehadiran melebihi batas ketentuan. Jangan berharap bisa naik kelas. Adakalahnya siswa yang tidak pintar pintar amat, namun bisa naik kelas lantaran rajin masuk setiap harinya.


EmoticonEmoticon