Cara Shalat Jamak Qashar

musafir perjalanan shalat jamak
Bagaimana tata cara melaksanakan Shalat Jamak dan Qashar bagi seorang musafir? Shalat Jamak Qashar merupakan keringanan yang diberikan oleh Allah Swt kepada hambanya yang berada dalam perjalanan(Musafir), atau dalam keadaan tertentu yang mengharuskan ia menjamak shalatnya. Namun, terkadang keringanan ini sering ditinggalkan meski seseorang berada dalam perjalanan. Seperti kebiasaan zaman sekarang ini.


وَاِذَا ضَرَبْتُمْ فِى الْاَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَقْصُرُوْا مِنَ الصَّلٰوةِ ۖ اِنْ خِفْتُمْ اَنْ يَّفْتِنَكُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ؕ اِنَّ الْـكٰفِرِيْنَ كَانُوْا لَـكُمْ عَدُوًّا مُّبِيْنًا
Dan apabila kamu bepergian di Bumi, maka tidaklah berdosa kamu mengqasar salat jika kamu takut diserang orang kafir. Sesungguhnya orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (QS. An-Nisa': Ayat 101)

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu Anhuma berkata, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjama’ antara Dhuhur dengan Ashar dan antara Maghrib dengan Isya’ di Madinah tanpa sebab takut dan safar (dalam riwayat lain; tanpa sebab takut dan hujan). Ketika ditanya hal itu kepada Ibnu Abbas beliau menjawab : ”Bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam tidak ingin memberatkan umatnya.” (HR.Muslim, Sahihul Jami’ 1070).

Pengertian Shalat Jamak Qashar dan hal yang perlu diperhatikan
Shalat jama’ yaitu Shalat yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan dua waktu shalat sekaligus. Sedangkan shalat Qashar yaitu meringkas shalat. Yang pada awalnya empat rakaat diringkas menjadi dua rakaat. Sebelum mengerjakan Shalat Jamak Qashar. Hal hal yang perlu diperhatikan yaitu syarat syarat sahnya, status sebagai musafir, jarak perjalanan (hal ini terdapat perbedaan pendapat ulama), yang boleh dijamak hanya shalat antara lohor dan ashar serta antara maghrib dengan isyak, subuh tetap dikerjakan pada waktunya.

Shalat Qashar sah apabila memenuhi syarat:
-Jarak perjalanan sekurang-kurangnya dua hari perjalanan kaki atau dua marhalah(yaitu sama dengan 138 km)
-Berpergian bukan untuk maksiat
-Shalat yang boleh di qashar adalah sholat yang berjumlah 4 raka’at saja
-Tidak makmum kepada orang yang bukan musaffir

CARA  SHALAT JAMAK DAN QASHAR
Shalat jamak dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan jamak Taqdim (dikerjakan diawal waktu/shalat yang pertama). dan Jamak Takhir (dikerjakan diakhir waktu/dikerjakan diwaktu shalat yang kedua). Lebih jelasnya sebagai berikut:

Jamak Takdim, yakni menjamak dua salat yang dilaksanakan pada waktu yang pertama. Misalnya menjamak salat duhur dengan asar, dikerjakan pada waktu duhur ( 4 rakaat salat duhur dan 4 rakaat salat asar) atau menjamak salat magrib dengan ‘isya dilaksanakan pada waktu magrib (3 rakaat salat magrib dan 4 rakaat salat ‘isya). Jamak Ta’khir yakni menjamak dua salat yang dilaksanakan pada waktu yang kedua. Misalnya menjamak salat duhur dengan asar, dikerjakan pada waktu asar atau menjamak salat magrib dengan ‘isya dilaksanakan pada waktu ‘isya.

Tata cara mengerjakannya:
1) Berniat menjamak shalat
2) Takbiratul ihram
3) Salat duhur empat rakaat seperti biasa.
4) Salam dan langsung berdiri lagi dan berniat salat yang kedua.

* Kalau mau mengerjakan dengan jamak takdim, niatkanlah dengan jamak takdim. Begitu sebaliknya jika hendak mengerjakan dengan jamak ta'khir


EmoticonEmoticon