Sejarah Kecamatan Lenteng Sumenep

Lenteng merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sumenep. Pulau Madura. Jarak dari kota sumenep ke Kecamatan lenteng ini kurang lebih  10 Km. Letak Geografisnya berada pada sebelah Timur Kabupaten Pamekasan Berdasarkan situs pemerintah kabupaten sumenep, lenteng termasuk dataran tinggi dan rendah yang terdiri dari sebagian besar tanah daratan dan pesawahan

Batas wilayah kecamatan lenteng Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Rubaru. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Bluto. Sebelah Timur  Kecamatan Batuan. Sebelah Barat Kecamtan Ganding.
peta kecamatan lenteng

Jumlah desa yang ada di Kecamatan Lenteng ada 18 :
1. Lenteng Timur
2. Lenteng Barat
3. Moncek Timur
4. Moncek Tengah
5. Moncek Barat
6. Banaresep Timur
7. Banarep Barat
8. Bilapora
9. Cangkreng
10. Pore
11. Medelan
12. Jambu
13. Sendir
14. Ella' Lao'
15. Ella' Daja
16. Daramista
17. Lembung Barat
18. Lembung Timur

Di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep terdapat sentra para pandai besi di Sumenep Madura. Para pandai besi di Sumenep tersebar di berbagai penjuru kabupaten. Tepatnya di Desa Lenteng Barat Kecamatan Lenteng yang terkenal sebagai kampung para pandai besi.

Terdapat satu dusun yang menjadi sentral para pandai besi, yaitu Dusun Jambu Monyet yang kemudian dikenal sebagai Kampung Pandhian. Makanya rang yang mandhi besi disebut "Tokang Pandhi" (Bahasa Madura)

Kata Pandhian diambil dari bahasa Madura pandhi dengan asal kata mandhi yang artinya menempa besi. Sedangkan pandhian sendiri berarti tempat menempa besi. Kampung Pandhian ini memiliki mayoritas penduduk yang menjadi pandai besi, baik menjadi bos, atau hanya sekedar jadi kuli pukul.

Belum ada sejarah yang menjelaskan scara pasti tentang bagaimana terbentuknya, asal usul penamaan dsb. Namun ahir ahir ini, lenteng menjadi salah satu objek wisatawan setelah adanya wisata baru yang diberi nama bukit tinggi.


EmoticonEmoticon